Artikel

Generasi Sehat Tanpa Stunting Dengan Posyandu Remaja

21 Juni 2024 09:03:58  Administrator  49 Kali Dibaca  Berita Desa

walikukun.desa.id - Jum'at, 21/06/2024, Desa Walikukun, telah berlangsung mulai pukul 13.00- selesai  pembentukan Posyandu Remaja di dusun Umbulrejo, Walikukun. pembentukan posyandu remaja  yang bertempat  di rumah ketua RT 002 RW 004 ini bertujuan memberi wawasan serta penyuluhan terkait  dengan kesehatan , timbang berat badan dan ukur tinggi badan.  

Setha Amd.Keb  Sebagai bidan Desa , Posyandu remaja dibentuk sebagai sarana untuk pelayanan masalah remaja, seperti pengetahuan reproduksi remaja, kesehatan remaja dan pola atau perilaku hidup remaja dari sudut kesehatan. "Jadi remaja bisa mengakses informasi yang jelas tentang hal yang berhubungan dengan kesehatan remaja. Karena di Posyandu remaja ada fasilitas deteksi kesehatan  dan pemberian FE  [zat besi] untuk remaja putri," katanya, Senin, 01/11/2021.

Ia menyebutkan pentingnya peranan posyandu remaja. Ketika ada masalah dengan remaja bisa didiskusikan di tempat tersebut. Tambahnya, pelaksana posyandu remaja, kadernya berasal dari remaja yang  didampingi oleh  Bidan Desa.   

"Kader dibentuk oleh puskesmas dari desa masing-masing. Pokoknya semuanya melibatkan remaja karena tujuannya untuk kebutuhan remaja,"imbuhnya.

Selain itu juga  menggambarkan, para kader Posyandu remaja bekerja didahului dengan pendataan jumlah remaja di desa. Setiap kader menaungi sekitar 10-15 remaja. Kegiatan posyandu rutin dilaksanakan sebulan sekali.  Dalam kegiatan tersebut selain memberikan wawasan kesehatan juga memberikan layanan konseling masalah remaja.

Setha mengatakan, pada tahun ini memang baru terbentuk  1 posyandu remaja mulai tahun ini. "Rencananya akan di bentuk lagi jika  memungkinkan  tutupnya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pemerintah Desa

 Statistik

 Arsip Artikel

 Sinergi Program

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. Raya Walikukun - Ngrambe KM 0,5
Desa : Walikukun
Kecamatan : Widodaren
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63526
Telepon : 0351671259
Email : pemdeswalikukun@gmail.com